Saturday, 12 September 2015

DATA MURID PAUD HIMAKU TAHUN 2014


Friday, 11 September 2015

PEMBELAJARAN KB (KOBER)

PEMBELAJARAN KB (KOBER) 
USIA 3-4 TAHUN

Menididik anak di usia 3-4 tahun harus disesuaikan dengan tarap perkembangannya jangan sampai disamakan dengan mengajar anak usia 5-6 tahun apalagi disamakan dengan anak Sekolah Dasar (SD) dsb.
Maka dari itu kita perlu mengetahui kondisi biologis anak dengan cara mempelajari berbagai teknik pembelajaran yang sesuai dengan usia nya, jangan sampai ada lagi yang mengatakan sekolah di PAUD harus mengajarkan anak untuk bisa CALISTUNG karena pengajaran yang seperti itu akan merusak perkembangan anak atau mentalnya, apalagi anak dipaksakan untuk belajar yang monoton hanya itu-itu saja yang diajarkan.

Dalam mendidik anak, kita harus tahu aspek mana saja yang harus kita kembangkan untuk anak.
dalam pembelajaran anak di PAUD khususnyadi usia 3-4 Tahun hanya 5 aspek yang harus dikembangkan yaitu ;
  1. Nilai-nilai agama dan moral
  2. Fisik Motorik
  3. Kognitif
  4. Bahasa
  5. Sosial emosional
Aspek-aspek tersebut diatas perlu kita capai dengan berbagai kegiatan yang kreatif, inovatif dan kondusif sehingga mengahilkan anak yang siap mental dan juga cerdas.

Dibawah ini akan saya contohkan Pembelajaran Anak Usia 3-4 Tahun atau usia KB (KOBER) di PAUD HIMAKU


PERKEMBANGAN ANAK KB (KOBER) USIA 3-4 TAHUN
PAUD HIMAKU


Kelompok :  B                         Tahun Pelajaran :  2015-2016            Semester  :  I (satu)

Perkembangan Anak
A. Nilai-nilai Agama dan Moral
     a. Merespon hal-hal yang berkaitan dengan nilai agama dan moral ;
  1. Mulai memahami pengertian prilaku yang berlawanan meskipun belum selalu dilakukan seperti pemahaman prilaku baik-buruk, benar-salah, sopan-tidak sopan
  2. Mulai memahami arti kasihan dan sayang kepada ciptaan tuhan        
B. Fisik Motorik
     a. Motorik kasar ;
  1. Berlari sambil membawa sesuatu yang ringan (bola)
  2. Naik-turun tangga atau tempat yang lebih tinggi dengan kaki bergantian
  3. Meniti diatas papan yang cukup lebar
  4. Melompat turun dari ketinggian kurang lebih 20 cm (dibawah tinggi lutut anak)
  5. Menriukan gerakan senam sederhana seperti gerkan pohon, kelinci (melompat)  
     b. Motorik halus ;
  1. Membuang air, pasir, atau biji-bijian kedalam tempat penampung (mangkuk, ember)
  2. Memasukan benda kecil kedalam botol (potongan lidi, kerikil, biji-bijian)
C. Kognitif
     a. Mengenal pengetahuan umum ;
  1. Menemukan atau mengenali bagian yang hilang datu suatu pola gambar seperti pada gambar wajah orang, mobil dsb.
  2. Menyebutkan berbagai nama makanan dan rasanya (garam, gula, atau cabai) 

     b. Mengenal konsep ukuran, bentuk, dan pola ;
  1. Menempatkan benda dalam urutan ukuran (paling kecil-paling besar)
  2. Mulai mengikuti pola tepuk tangan
  3. Mengenal konsep banyak dan sedikit 
D. Bahasa
     a. Menerima bahasa ;
  1. Pura-pura membaca berita bergambar dalam buku dengan kata-kata sendirian
  2. Mulai memahami dua perintah yang diberikan bersamaan, contoh ; ambil mainan diatas meja lalu berikan kepada ibu pengasuh atau pendidik
     b. Mengungkapan bahasa ;
  1. Mulai mengatakan keinginan dengan mengucapkan kalimat sederhana (saya ingin main bola)
  2. Mulai menceritakan pengalaman yang dialami dengan cerita sederhana
 E. Sosial Emosional
      a. Mampu mengendalikan emosi ;
  1. Mulai melakukan buang air kecil tanpa bantuan
  2. Bersabar menunggu giliran
  3. Mulai menunjukan sikap toleran sehingga dapat bekerja dalam kelompok
  4. Mulai menghargai orang lain
  5. Bereaksi terhadap hal-hal yang dianggap tidak benar (marah apabila diganggu atau diperlakukan beda)
  6. Mulai menunjukan ekspresi menyesal ketika melakukan kesalahan   

PERKEMBANGAN ANAK KB (KOBER) USIA 3-4 TAHUN
PAUD HIMAKU


Kelompok :  B                         Tahun Pelajaran :  2015-2016            Semester  :  II  ( Dua )

Perkembangan Anak
A. Nilai-nilai Agama dan Moral
     a. Merespon hal-hal yang berkaitan dengan nilai agama dan moral ;
  1. Mulai memahami pengertian prilaku yang berlawanan meskipun belum selalu dilakukan seperti pemahaman prilaku baik-buruk, benar-salah, sopan-tidak sopan
  2. Mulai memahami arti kasihan dan sayang kepada ciptaan tuhan        
B. Fisik Motorik
     a. Motorik kasar ;
  1. Berlari sambil membawa sesuatu yang ringan (bola)
  2. Naik-turun tangga atau tempat yang lebih tinggi dengan kaki bergantian
  3. Meniti diatas papan yang cukup lebar
  4. Melompat turun dari ketinggian kurang lebih 20 cm (dibawah tinggi lutut anak)
  5. Menriukan gerakan senam sederhana seperti gerkan pohon, kelinci (melompat)  
     b. Motorik halus ;
  1. Membuang air, pasir, atau biji-bijian kedalam tempat penampung (mangkuk, ember)
  2. Memasukan benda kecil kedalam botol (potongan lidi, kerikil, biji-bijian)
C. Kognitif
     a. Mengenal pengetahuan umum ;
  1. Menemukan atau mengenali bagian yang hilang datu suatu pola gambar seperti pada gambar wajah orang, mobil dsb.
  2. Menyebutkan berbagai nama makanan dan rasanya (garam, gula, atau cabai) 

     b. Mengenal konsep ukuran, bentuk, dan pola ;
  1. Menempatkan benda dalam urutan ukuran (paling kecil-paling besar)
  2. Mulai mengikuti pola tepuk tangan
  3. Mengenal konsep banyak dan sedikit 
D. Bahasa
     a. Menerima bahasa ;
  1. Pura-pura membaca berita bergambar dalam buku dengan kata-kata sendirian
  2. Mulai memahami dua perintah yang diberikan bersamaan, contoh ; ambil mainan diatas meja lalu berikan kepada ibu pengasuh atau pendidik
     b. Mengungkapan bahasa ;
  1. Mulai mengatakan keinginan dengan mengucapkan kalimat sederhana (saya ingin main bola)
  2. Mulai menceritakan pengalaman yang dialami dengan cerita sederhana
 E. Sosial Emosional
      a. Mampu mengendalikan emosi ;
  1. Mulai melakukan buang air kecil tanpa bantuan
  2. Bersabar menunggu giliran
  3. Mulai menunjukan sikap toleran sehingga dapat bekerja dalam kelompok
  4. Mulai menghargai orang lain
  5. Bereaksi terhadap hal-hal yang dianggap tidak benar (marah apabila diganggu atau diperlakukan beda)
  6. Mulai menunjukan ekspresi menyesal ketika melakukan kesalahan  

PEMBELAJARAN TK

PEMBELAJARAN TK
(Usia 5-6 Tahun)

Materi pada pembelajara usia TK 5-6 tahun harus berbeda dengan usia lain karena pada usia TK ini tahap dasar pemikiran dan kepekaannya sangat jelas berbeda, oleh karenanya kita harus mampu membedakan dari cara pembelajarannya.

Dalam pembelajarannya tidak lepas dari 6 aspek yg harus dicapai yaitu :
  1.  Nilai Agama dan Moral
  2.  Fisik Motorik
  3.  Kognitif
  4.  Bahasa
  5.  Sosial Emosional
  6.  Seni
Rincian mengenai pembelajaran yang mengacu pada 6 aspek tersebut telah diterapkan di PAUD HIMAKU dengan uraian sebagai berikut :

PERKEMBANGAN ANAK TK USIA 5-6 TAHUN PAUD HIMAKU 

Kelompok :  C                         Tahun Pelajaran  : 2015-2016                     Semester :  I (satu)

Perkembangan Anak
A. Nilai Agama dan Moral
  1. Mengenal agama yang dianut
  2. Membiasakan diri beribadah
  3. Memahami prilaku mulia (jujur, penolong, sopan, hormat dll)
  4. Membedakan prilaku baik dan buruk
  5. Mengenal ritual dan hari besar agama                                                                                         
B. Fisik
     a. Motorik kasar ;
         1. Melakukan gerakan tubuh secara terkordinasi untuk melatih kelenturan, keseimbangan, kelincahan
         2. Melakukakan koordinasi gerak kaki-tangan-kepala dalam menirukan tarian atau senam                            3. Melakukan permainan fisik dengan aturan
         4. Terampil menggunakan tangan kanan dan kiri
         5. Melakukan kegiatan kebersihan
     b. Motorik halus ;
         1. Menggambarkan sesuai gagasannya
         2. Meniru bentuk
         3. Melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan
         4. Menggunakan alat tulis dengan benar
         5. Menggunting sesuatu dengan pola
         6. Menempel gambar dengan tepat
         7. Mengekpresikan diri melalui gerakan menggambar secara detail
     c. Kesehatan fisik ;
         1. Memiliki kesesuaian antara usia dan berat badan
         2. Memiliki kesesuaian antara usia dan tinggi badan
         3. Memiliki kesesuaian antara tinggi dengan berat badan

C. Kognitif
     a. Pengetahuan umum dan sains ;
         1. Mengklarifikasikan benda berdasarkan fungsi
         2. Menunjukan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidiki (seperti : apa yang terjadi ketika air                ditumpahkan)
         3. Menyusun perencanaan kegiatan yang akan dilakukan
         4. Mengenal sebab akibat tentang lingkungannya (angin tertiup menyababkan daun bergerak, air dapat
             menyebabkan sesuatu jadi basah)
         5. Menunjukan inisiatif dalam memilih tema permainan seperti "ayo kita bermain pura-pura seperti
             Burung"
         6. Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
     b. Konsep bentuk, warna, ukuran pola ;
         1. Mengenal perbedaan berdasarkan ukuran : "Lebih dari", "Kurang dari", dan "Paling/ter"
         2. Mengklasifisikan benda berdasarkan warna, bentuk, ukuran (3 variasi)
         3. Mengklasifikasikan benda yang lebih banyak kedalam kelompok yang sama atau kelompok yang                  sejenis atau kelompok berepasangan yang lebih dari 2 variasi
         4. Mengenal pola ABCD-ABCD
         5. Mengurutkan benda berdasarkan ukuran paling kecil kepaling besar atau sebaliknya
     c. Konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf ;
         1. Menyebutkan lambang bilangan 1-10
         2. Mencocokan bilangan dengan lambang bilangan
         3. Mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan kosonan

D. Bahasa 
     a. Menerima bahasa ;
         1. Mengerti berbagai perintah secara bersamaan
         2. Mengulang kalimat yang kompleks
         3. Memahami aturan dalam suatu permainan
     b. Mengungkapkan bahasa ;
         1. Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks
         2. Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama
         3. Berkomunikasi secara lisan, memiliki pembendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk
             persiapan membaca, menulis, dan berhitung
         4. Menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap (pokok kalimat, predikat, keterangan)
         5. Memiliki lebih bayak kata-kata untuk mengekpresikan ide pada orang lain
         6. Melanjukan sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan
     c. Keaksaraan ;
         1. Menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal
         2. Mengenal suatu hiruf awal dari nama benda-benda yang ada disekitarnya
         3. Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi atau huruf awal yang sama
         4. Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf
         5. Membaca nama sendiri
         6. Menuliskan nama sendiri

E. Sosial Emosional 
  1. Bersikap kooperatif dengan teman
  2. Menunjukan sikap toleran
  3. Mengekpresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang, sedih, antusias dsb.)
  4. Mengenal tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat
  5. Memahami peraturan dan disiplin
  6. Menunjukan rasa empati
  7. Memiliki sikap gigih (tidak mudah menyerah)
  8. Bangga terhadap karya sendiri
  9. Menghargai keunggulan oranglain.

PERKEMBANGAN ANAK TK USIA 5-6 TAHUN PAUD HIMAKU 

Kelompok :  C                         Tahun Pelajaran  : 2015-2016                     Semester :  II (dua)

Perkembangan Anak
A. Nilai Agama dan Moral
  1. Mengenal agama yang dianut
  2. Membiasakan diri beribadah
  3. Memahami prilaku mulia (jujur, penolong, sopan, hormat dll)
  4. Membedakan prilaku baik dan buruk
  5. Mengenal ritual dan hari besar agama                                                                                         
B. Fisik
     a. Motorik kasar ;
         1. Melakukan gerakan tubuh secara terkordinasi untuk melatih kelenturan, keseimbangan, kelincahan
         2. Melakukakan koordinasi gerak kaki-tangan-kepala dalam menirukan tarian atau senam                            3. Melakukan permainan fisik dengan aturan
         4. Terampil menggunakan tangan kanan dan kiri
         5. Melakukan kegiatan kebersihan
     b. Motorik halus ;
         1. Menggambarkan sesuai gagasannya
         2. Meniru bentuk
         3. Melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan
         4. Menggunakan alat tulis dengan benar
         5. Menggunting sesuatu dengan pola
         6. Menempel gambar dengan tepat
         7. Mengekpresikan diri melalui gerakan menggambar secara detail
     c. Kesehatan fisik ;
         1. Memiliki kesesuaian antara usia dan berat badan
         2. Memiliki kesesuaian antara usia dan tinggi badan
         3. Memiliki kesesuaian antara tinggi dengan berat badan

C. Kognitif
     a. Pengetahuan umum dan sains ;
         1. Mengklarifikasikan benda berdasarkan fungsi
         2. Menunjukan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidiki (seperti : apa yang terjadi ketika air                ditumpahkan)
         3. Menyusun perencanaan kegiatan yang akan dilakukan
         4. Mengenal sebab akibat tentang lingkungannya (angin tertiup menyababkan daun bergerak, air dapat
             menyebabkan sesuatu jadi basah)
         5. Menunjukan inisiatif dalam memilih tema permainan seperti "ayo kita bermain pura-pura seperti
             Burung"
         6. Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
     b. Konsep bentuk, warna, ukuran pola ;
         1. Mengenal perbedaan berdasarkan ukuran : "Lebih dari", "Kurang dari", dan "Paling/ter"
         2. Mengklasifisikan benda berdasarkan warna, bentuk, ukuran (3 variasi)
         3. Mengklasifikasikan benda yang lebih banyak kedalam kelompok yang sama atau kelompok yang                  sejenis atau kelompok berepasangan yang lebih dari 2 variasi
         4. Mengenal pola ABCD-ABCD
         5. Mengurutkan benda berdasarkan ukuran paling kecil kepaling besar atau sebaliknya
     c. Konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf ;
         1. Menyebutkan lambang bilangan 1-10
         2. Mencocokan bilangan dengan lambang bilangan
         3. Mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan kosonan

D. Bahasa 
     a. Menerima bahasa ;
         1. Mengerti berbagai perintah secara bersamaan
         2. Mengulang kalimat yang kompleks
         3. Memahami aturan dalam suatu permainan
     b. Mengungkapkan bahasa ;
         1. Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks
         2. Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama
         3. Berkomunikasi secara lisan, memiliki pembendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk
             persiapan membaca, menulis, dan berhitung
         4. Menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap (pokok kalimat, predikat, keterangan)
         5. Memiliki lebih bayak kata-kata untuk mengekpresikan ide pada orang lain
         6. Melanjukan sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan
     c. Keaksaraan ;
         1. Menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal
         2. Mengenal suatu hiruf awal dari nama benda-benda yang ada disekitarnya
         3. Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi atau huruf awal yang sama
         4. Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf
         5. Membaca nama sendiri
         6. Menuliskan nama sendiri

E. Sosial Emosional 
  1. Bersikap kooperatif dengan teman
  2. Menunjukan sikap toleran
  3. Mengekpresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang, sedih, antusias dsb.)
  4. Mengenal tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat
  5. Memahami peraturan dan disiplin
  6. Menunjukan rasa empati
  7. Memiliki sikap gigih (tidak mudah menyerah)
  8. Bangga terhadap karya sendiri
  9. Menghargai keunggulan oranglain.