PEMBELAJARAN KB (KOBER)
USIA 3-4 TAHUN
Menididik anak di usia 3-4 tahun harus disesuaikan dengan tarap perkembangannya jangan sampai disamakan dengan mengajar anak usia 5-6 tahun apalagi disamakan dengan anak Sekolah Dasar (SD) dsb.
Maka dari itu kita perlu mengetahui kondisi biologis anak dengan cara mempelajari berbagai teknik pembelajaran yang sesuai dengan usia nya, jangan sampai ada lagi yang mengatakan sekolah di PAUD harus mengajarkan anak untuk bisa CALISTUNG karena pengajaran yang seperti itu akan merusak perkembangan anak atau mentalnya, apalagi anak dipaksakan untuk belajar yang monoton hanya itu-itu saja yang diajarkan.
Dalam mendidik anak, kita harus tahu aspek mana saja yang harus kita kembangkan untuk anak.
dalam pembelajaran anak di PAUD khususnyadi usia 3-4 Tahun hanya 5 aspek yang harus dikembangkan yaitu ;
- Nilai-nilai agama dan moral
- Fisik Motorik
- Kognitif
- Bahasa
- Sosial emosional
Dibawah ini akan saya contohkan Pembelajaran Anak Usia 3-4 Tahun atau usia KB (KOBER) di PAUD HIMAKU
PERKEMBANGAN ANAK KB (KOBER) USIA 3-4 TAHUN
PAUD HIMAKU
Kelompok : B Tahun Pelajaran : 2015-2016 Semester : I (satu)
Perkembangan Anak
A. Nilai-nilai Agama dan Moral
a. Merespon hal-hal yang berkaitan dengan nilai agama dan moral ;
- Mulai memahami pengertian prilaku yang berlawanan meskipun belum selalu dilakukan seperti pemahaman prilaku baik-buruk, benar-salah, sopan-tidak sopan
- Mulai memahami arti kasihan dan sayang kepada ciptaan tuhan
B. Fisik Motorik
a. Motorik kasar ;
- Berlari sambil membawa sesuatu yang ringan (bola)
- Naik-turun tangga atau tempat yang lebih tinggi dengan kaki bergantian
- Meniti diatas papan yang cukup lebar
- Melompat turun dari ketinggian kurang lebih 20 cm (dibawah tinggi lutut anak)
- Menriukan gerakan senam sederhana seperti gerkan pohon, kelinci (melompat)
- Membuang air, pasir, atau biji-bijian kedalam tempat penampung (mangkuk, ember)
- Memasukan benda kecil kedalam botol (potongan lidi, kerikil, biji-bijian)
a. Mengenal pengetahuan umum ;
- Menemukan atau mengenali bagian yang hilang datu suatu pola gambar seperti pada gambar wajah orang, mobil dsb.
- Menyebutkan berbagai nama makanan dan rasanya (garam, gula, atau cabai)
b. Mengenal konsep ukuran, bentuk, dan pola ;
- Menempatkan benda dalam urutan ukuran (paling kecil-paling besar)
- Mulai mengikuti pola tepuk tangan
- Mengenal konsep banyak dan sedikit
a. Menerima bahasa ;
- Pura-pura membaca berita bergambar dalam buku dengan kata-kata sendirian
- Mulai memahami dua perintah yang diberikan bersamaan, contoh ; ambil mainan diatas meja lalu berikan kepada ibu pengasuh atau pendidik
- Mulai mengatakan keinginan dengan mengucapkan kalimat sederhana (saya ingin main bola)
- Mulai menceritakan pengalaman yang dialami dengan cerita sederhana
a. Mampu mengendalikan emosi ;
- Mulai melakukan buang air kecil tanpa bantuan
- Bersabar menunggu giliran
- Mulai menunjukan sikap toleran sehingga dapat bekerja dalam kelompok
- Mulai menghargai orang lain
- Bereaksi terhadap hal-hal yang dianggap tidak benar (marah apabila diganggu atau diperlakukan beda)
- Mulai menunjukan ekspresi menyesal ketika melakukan kesalahan
PERKEMBANGAN ANAK KB (KOBER) USIA 3-4 TAHUN
PAUD HIMAKU
Kelompok : B Tahun Pelajaran : 2015-2016 Semester : II ( Dua )
Perkembangan Anak
A. Nilai-nilai Agama dan Moral
a. Merespon hal-hal yang berkaitan dengan nilai agama dan moral ;
- Mulai memahami pengertian prilaku yang berlawanan meskipun belum selalu dilakukan seperti pemahaman prilaku baik-buruk, benar-salah, sopan-tidak sopan
- Mulai memahami arti kasihan dan sayang kepada ciptaan tuhan
B. Fisik Motorik
a. Motorik kasar ;
- Berlari sambil membawa sesuatu yang ringan (bola)
- Naik-turun tangga atau tempat yang lebih tinggi dengan kaki bergantian
- Meniti diatas papan yang cukup lebar
- Melompat turun dari ketinggian kurang lebih 20 cm (dibawah tinggi lutut anak)
- Menriukan gerakan senam sederhana seperti gerkan pohon, kelinci (melompat)
- Membuang air, pasir, atau biji-bijian kedalam tempat penampung (mangkuk, ember)
- Memasukan benda kecil kedalam botol (potongan lidi, kerikil, biji-bijian)
a. Mengenal pengetahuan umum ;
- Menemukan atau mengenali bagian yang hilang datu suatu pola gambar seperti pada gambar wajah orang, mobil dsb.
- Menyebutkan berbagai nama makanan dan rasanya (garam, gula, atau cabai)
b. Mengenal konsep ukuran, bentuk, dan pola ;
- Menempatkan benda dalam urutan ukuran (paling kecil-paling besar)
- Mulai mengikuti pola tepuk tangan
- Mengenal konsep banyak dan sedikit
a. Menerima bahasa ;
- Pura-pura membaca berita bergambar dalam buku dengan kata-kata sendirian
- Mulai memahami dua perintah yang diberikan bersamaan, contoh ; ambil mainan diatas meja lalu berikan kepada ibu pengasuh atau pendidik
- Mulai mengatakan keinginan dengan mengucapkan kalimat sederhana (saya ingin main bola)
- Mulai menceritakan pengalaman yang dialami dengan cerita sederhana
a. Mampu mengendalikan emosi ;
- Mulai melakukan buang air kecil tanpa bantuan
- Bersabar menunggu giliran
- Mulai menunjukan sikap toleran sehingga dapat bekerja dalam kelompok
- Mulai menghargai orang lain
- Bereaksi terhadap hal-hal yang dianggap tidak benar (marah apabila diganggu atau diperlakukan beda)
- Mulai menunjukan ekspresi menyesal ketika melakukan kesalahan
No comments:
Post a Comment