PEMBELAJARAN TK
(Usia 5-6 Tahun)
Materi pada pembelajara usia TK 5-6 tahun harus berbeda dengan usia lain karena pada usia TK ini tahap dasar pemikiran dan kepekaannya sangat jelas berbeda, oleh karenanya kita harus mampu membedakan dari cara pembelajarannya.
Dalam pembelajarannya tidak lepas dari 6 aspek yg harus dicapai yaitu :
- Nilai Agama dan Moral
- Fisik Motorik
- Kognitif
- Bahasa
- Sosial Emosional
- Seni
PERKEMBANGAN ANAK TK USIA 5-6 TAHUN PAUD HIMAKU
Kelompok : C Tahun Pelajaran : 2015-2016 Semester : I (satu)
Perkembangan Anak
A. Nilai Agama dan Moral
- Mengenal agama yang dianut
- Membiasakan diri beribadah
- Memahami prilaku mulia (jujur, penolong, sopan, hormat dll)
- Membedakan prilaku baik dan buruk
- Mengenal ritual dan hari besar agama
a. Motorik kasar ;
1. Melakukan gerakan tubuh secara terkordinasi untuk melatih kelenturan, keseimbangan, kelincahan
2. Melakukakan koordinasi gerak kaki-tangan-kepala dalam menirukan tarian atau senam 3. Melakukan permainan fisik dengan aturan
4. Terampil menggunakan tangan kanan dan kiri
5. Melakukan kegiatan kebersihan
b. Motorik halus ;
1. Menggambarkan sesuai gagasannya
2. Meniru bentuk
3. Melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan
4. Menggunakan alat tulis dengan benar
5. Menggunting sesuatu dengan pola
6. Menempel gambar dengan tepat
7. Mengekpresikan diri melalui gerakan menggambar secara detail
c. Kesehatan fisik ;
1. Memiliki kesesuaian antara usia dan berat badan
2. Memiliki kesesuaian antara usia dan tinggi badan
3. Memiliki kesesuaian antara tinggi dengan berat badan
C. Kognitif
a. Pengetahuan umum dan sains ;
1. Mengklarifikasikan benda berdasarkan fungsi
2. Menunjukan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidiki (seperti : apa yang terjadi ketika air ditumpahkan)
3. Menyusun perencanaan kegiatan yang akan dilakukan
4. Mengenal sebab akibat tentang lingkungannya (angin tertiup menyababkan daun bergerak, air dapat
menyebabkan sesuatu jadi basah)
5. Menunjukan inisiatif dalam memilih tema permainan seperti "ayo kita bermain pura-pura seperti
Burung"
6. Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
b. Konsep bentuk, warna, ukuran pola ;
1. Mengenal perbedaan berdasarkan ukuran : "Lebih dari", "Kurang dari", dan "Paling/ter"
2. Mengklasifisikan benda berdasarkan warna, bentuk, ukuran (3 variasi)
3. Mengklasifikasikan benda yang lebih banyak kedalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok berepasangan yang lebih dari 2 variasi
4. Mengenal pola ABCD-ABCD
5. Mengurutkan benda berdasarkan ukuran paling kecil kepaling besar atau sebaliknya
c. Konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf ;
1. Menyebutkan lambang bilangan 1-10
2. Mencocokan bilangan dengan lambang bilangan
3. Mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan kosonan
D. Bahasa
a. Menerima bahasa ;
1. Mengerti berbagai perintah secara bersamaan
2. Mengulang kalimat yang kompleks
3. Memahami aturan dalam suatu permainan
b. Mengungkapkan bahasa ;
1. Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks
2. Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama
3. Berkomunikasi secara lisan, memiliki pembendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk
persiapan membaca, menulis, dan berhitung
4. Menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap (pokok kalimat, predikat, keterangan)
5. Memiliki lebih bayak kata-kata untuk mengekpresikan ide pada orang lain
6. Melanjukan sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan
c. Keaksaraan ;
1. Menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal
2. Mengenal suatu hiruf awal dari nama benda-benda yang ada disekitarnya
3. Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi atau huruf awal yang sama
4. Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf
5. Membaca nama sendiri
6. Menuliskan nama sendiri
E. Sosial Emosional
- Bersikap kooperatif dengan teman
- Menunjukan sikap toleran
- Mengekpresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang, sedih, antusias dsb.)
- Mengenal tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat
- Memahami peraturan dan disiplin
- Menunjukan rasa empati
- Memiliki sikap gigih (tidak mudah menyerah)
- Bangga terhadap karya sendiri
- Menghargai keunggulan oranglain.
PERKEMBANGAN ANAK TK USIA 5-6 TAHUN PAUD HIMAKU
Kelompok : C Tahun Pelajaran : 2015-2016 Semester : II (dua)
Perkembangan Anak
A. Nilai Agama dan Moral
- Mengenal agama yang dianut
- Membiasakan diri beribadah
- Memahami prilaku mulia (jujur, penolong, sopan, hormat dll)
- Membedakan prilaku baik dan buruk
- Mengenal ritual dan hari besar agama
a. Motorik kasar ;
1. Melakukan gerakan tubuh secara terkordinasi untuk melatih kelenturan, keseimbangan, kelincahan
2. Melakukakan koordinasi gerak kaki-tangan-kepala dalam menirukan tarian atau senam 3. Melakukan permainan fisik dengan aturan
4. Terampil menggunakan tangan kanan dan kiri
5. Melakukan kegiatan kebersihan
b. Motorik halus ;
1. Menggambarkan sesuai gagasannya
2. Meniru bentuk
3. Melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan
4. Menggunakan alat tulis dengan benar
5. Menggunting sesuatu dengan pola
6. Menempel gambar dengan tepat
7. Mengekpresikan diri melalui gerakan menggambar secara detail
c. Kesehatan fisik ;
1. Memiliki kesesuaian antara usia dan berat badan
2. Memiliki kesesuaian antara usia dan tinggi badan
3. Memiliki kesesuaian antara tinggi dengan berat badan
C. Kognitif
a. Pengetahuan umum dan sains ;
1. Mengklarifikasikan benda berdasarkan fungsi
2. Menunjukan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidiki (seperti : apa yang terjadi ketika air ditumpahkan)
3. Menyusun perencanaan kegiatan yang akan dilakukan
4. Mengenal sebab akibat tentang lingkungannya (angin tertiup menyababkan daun bergerak, air dapat
menyebabkan sesuatu jadi basah)
5. Menunjukan inisiatif dalam memilih tema permainan seperti "ayo kita bermain pura-pura seperti
Burung"
6. Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
b. Konsep bentuk, warna, ukuran pola ;
1. Mengenal perbedaan berdasarkan ukuran : "Lebih dari", "Kurang dari", dan "Paling/ter"
2. Mengklasifisikan benda berdasarkan warna, bentuk, ukuran (3 variasi)
3. Mengklasifikasikan benda yang lebih banyak kedalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok berepasangan yang lebih dari 2 variasi
4. Mengenal pola ABCD-ABCD
5. Mengurutkan benda berdasarkan ukuran paling kecil kepaling besar atau sebaliknya
c. Konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf ;
1. Menyebutkan lambang bilangan 1-10
2. Mencocokan bilangan dengan lambang bilangan
3. Mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan kosonan
D. Bahasa
a. Menerima bahasa ;
1. Mengerti berbagai perintah secara bersamaan
2. Mengulang kalimat yang kompleks
3. Memahami aturan dalam suatu permainan
b. Mengungkapkan bahasa ;
1. Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks
2. Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama
3. Berkomunikasi secara lisan, memiliki pembendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk
persiapan membaca, menulis, dan berhitung
4. Menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap (pokok kalimat, predikat, keterangan)
5. Memiliki lebih bayak kata-kata untuk mengekpresikan ide pada orang lain
6. Melanjukan sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan
c. Keaksaraan ;
1. Menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal
2. Mengenal suatu hiruf awal dari nama benda-benda yang ada disekitarnya
3. Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi atau huruf awal yang sama
4. Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf
5. Membaca nama sendiri
6. Menuliskan nama sendiri
E. Sosial Emosional
- Bersikap kooperatif dengan teman
- Menunjukan sikap toleran
- Mengekpresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang, sedih, antusias dsb.)
- Mengenal tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat
- Memahami peraturan dan disiplin
- Menunjukan rasa empati
- Memiliki sikap gigih (tidak mudah menyerah)
- Bangga terhadap karya sendiri
- Menghargai keunggulan oranglain.
No comments:
Post a Comment